Berapa Zakat Yang Harus Kita Bayar?

Zakat sebenarnya ada banyak macam, tapi yang dikenal hanya zakat fitrah dan zakat maal. Zakat apa saja yang ada di Islam, dan bagaimana cara menghitung zakat-zakat yang harus dibayar?

Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima. Jumlahnya ditetapkan berdasar syariah. Zakat yang kita kenal ada 2:

  1. Zakat fitrah wajib dikeluarkan pada bulan Ramadan hingga menjelang hari raya Idul Fitri, setara 3,5\ liter (2,5 kilogram) makanan pokok di daerah bersangkutan. Karena makanan pokok di Indonesia adalah nasi, maka zakat fitrah adalah berupa beras.
  2. Zakat maal (harta) wajib dikeluarkan oleh seseorang yang memiliki harta simpanan yang telah mencapai nisab dan genap tersimpan selama satu tahun. Zakat maal meliputi emas atau perak, tabungan, dan aset yang wajib dikeluarkan zakatnya dengan nilai 2,5 persen dari setiap harta setelah satu tahun tersimpan

Namun selain itu ada juga zakat profesi dan zakat perdagangan.

  • Zakat profesi adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi bila telah mencapai nisab. Profesi tersebut misalnya pegawai negeri/swasta, konsultan, dokter, notaris, akuntan, artis, serta wiraswasta.
  • Zakat Perdagangan atau zakat perniagaan adalah zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan harta yang dialokasikan untuk jual-beli. Zakat dikenakan kepada perniagaan yang diusahakan secara perorangan maupun perserikatan (CV, PT, Koperasi dan sebagainya).

Membayar zakat fitrah relatif mudah karena selama bulan Ramadhan masjid-masjid biasanya menerima pembayaran zakat fitrah, dengan jumlah sudah ditentukan. Tapi untuk zakat yang lain jumlahnya harusĀ  dihitung sendiri.

Beruntung bagi nasabah Bank Syariah Mandiri karena dimudahkan untuk menghitung zakat maal, zakat profesi, dan zakat perdagangan, yaitu menggunakan aplikasi Syariah Mandiri Mobile. Di dalam aplikasi terdapat fitur Ziswaf lengkap dengan Kalkulator Zakat. Dengan Kalkulator ini dapat dihitung zakat Maal, zakat profesi, serta zakat perdagangan. Bahkan bisa menghitung zakat tabungan serta zakat emas juga.

Untuk bisa memakai Kalkulator Zakat syaratnya cukup dengan menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Unduh saja aplikasi Mandiri Syariah Mobile, lalu gunakan fitur Buka Rekening Online. Dalam hitungan menit kita akan menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri dan bisa menggunakan Kalkulator Zakat.