Pentingnya Ubah PIN Secara Berkala

Pihak bank, termasuk Bank Syariah Mandiri, menyarankan nasabah mengubah PIN kartu ATM secara berkala. Tujuannya untuk mencegah jadi korban skimming, atau pencurian data kartu ATM.

Nasabah Bank Syariah Mandiri sebenarnya tidak perlu khawatir jadi korban skimming karena kartu ATM-nya sudah pakai chip untuk menyimpan data. Menggantikan kartu ATM dengan pita magnetik yang mudah di-skimming.

Namun meski keamanan kartu ATM sudah terjamin, nasabah Bank Syariah Mandiri tetap tidak boleh lalai. Kerahasiaan PIN kartu ATM harus tetap dijaga baik-baik. Caranya:

  1. Jangan memberitahukan PIN kartu ATM ke siapapun juga.
  2. Jangan membuat PIN dengan kombinasi angka yang mudah ditebak.
  3. Jangan menyimpan PIN di dalam ponsel.
  4. Jangan mencatat PIN di buku catatan atau notes
  5. Tutupi tombol numerik mesin ATM ketika memasukkan PIN.

Selama kita tidak pernah lengah atau lalai dalam menjaga kerahasiaan PIN kartu ATM, maka kecil kemungkinan data kita bisa dicuri. Tapi mengubah PIN kartu ATM tetap penting untuk pencegahan. Apalagi PIN kartu ATM kini digunakan juga untuk bertransaksi di aplikasi mobile perbankan.

Karena itu Bank Syariah Mandiri menghadirkan fitur Ubah PIN pada aplikasi Mandiri Syariah Mobile. Nasabah yang rutin bertransaksi dengan aplikasi sewaktu-waktu dapat mengubah PIN. Jadi supaya lebih aman jadilah nasabah Bank Syariah Mandiri. Caranya gampang banget. Bahkan bisa langsung di   ponsel lho melalui aplikasinya. Yaitu melalui fitur Buka Rekening Online. Buruan daftar!!