BSI Gadai Emas

Informasi Gadai Emas Fisik melalui aplikasi BSI Mobile

  1. Gadai Emas Fisik merupakan fitur produk pada BSI mobile untuk nasabah dapat melakukan simulasi perhitungan taksiran emas dan pengajuan Gadai Emas dengan metode Datang ke kantor cabang BSI & Layanan Pick Up.
  2. Manfaat Gadai Emas di BSI Mobile:
    a. Memudahkan nasabah untuk mempersingkat waktu dan proses pengajuan Gadai Emas
    b. Memberikan fasilitas Pick Up bagi nasabah Gadai Emas yang memiliki keterbatasan akses ke Cabang
  3. Syarat dan Ketentuan nasabah yang dapat melakukan pengajuan Gadai Emas di BSI Mobile wajib memiliki:a. Pengguna aktif layanan BSI Mobile
    b. KTP
    c. NPWP (untuk nominal pembiayaan Gadai Emas > Rp 50 Juta) d. Agunan Gadai Emas
  4. Fitur Produk Pembiayaan Gadai Emas:
    • Objek Gadai: Logam Mulia/batangan, Emas Perhiasan, dan Koin Dinar dengan karatase 16 – 24 Karat
    • Akad Pembiayaan:
      • Akad Qardh, untuk pengikatan pembiayaan dari Bank kepada Nasabah.
      • Akad Gadai (Rahn), untuk pengikatan emas sebagai agunan atas pembiayaan Nasabah.
        • Akad Ijarah, untuk pengikatan pemanfaatan jasa penyimpanan emas sebagai agunan pembiayaan Nasabah.
    • Nominal pembiayaan: Rp 500 Ribu – Rp 250 Juta
    • Jangka waktu: 4 Bulan dan diperpanjang
    • Biaya – biaya: Biaya Administrasi dan Biaya Sewa Penyimpanan
  5. Prinsip Syariah dalam produk Gadai Emas:
    • Pembiayaan Qardh Beragun Emas adalah pembiayaan yang menggunakan akad qardh dengan agunan berupa emas yang diikat dengan akad rahn, dimana emas yang diagunkan disimpan dan dipelihara oleh Bank selama jangka waktu tertentu
    • Qardh adalah transaksi pinjam meminjam dana tanpa imbalan dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu tertentu.
    • Ijarah adalah transaksi sewa menyewa atas suatu barang dan/atau jasa antara pemilik objek sewa termasuk kepemilikan hak pakai atas objek sewa dengan penyewa untuk mendapatkan imbalan atas objek sewa yang disewakan.
  6. Fitur Gadai Emas melalui BSI Mobile:
    • Simulasi perhitungan taksiran emas
    • Pengajuan Gadai Emas metode Datang ke Bank c. Pengajuan Gadai Emas metode Pick Up
  1. Cara Pengajuan Gadai melalui BSI Mobile metode Datang ke Bank:
    • Mengakses BSI Mobile pada icon “e-mas” – “Gadai Emas” – “Gadai Emas Fisik”
    • Menghitung simulasi taksiran emas dengan cara menginput Data Agunan Emas terlebih dahulu kemudian muncul Nilai Taksiran Emas dan Perkiraan Nilai Pembiayaan. Berdasarkan nilai tersebut, nasabah dapat memasukkan Nilai Pengajuan Pembiayaan.
    • Memilih metode pengajuan Gadai Emas “Datang ke Bank”
    • Memasukkan atau memilih Kantor Cabang terdekat yang dikehendaki, Tanggal Kedatangan, dan Jam Kedatangan, serta mengambil foto diri dan KTP dan foto KTP.
    • Mengisi dan mencentang Data Pembiayaan, Kuasa Debet, Metode Perpanjangan, AML & KYC, Pernyataan Nasabah, dan Ketentuan Pengajuan Pembiayaan
    • Selesai mengakses BSI Mobile ditandai dengan terbit Resi Bukti Pengajuan Gadai yang tersimpan di Inbox BSI Mobile dan Email nasabah.
    • Nasabah datang ke Kantor Cabang pada tanggal dan jam yang telah ditentukan pada saat mendaftar pengajuan Gadai Emas di BSI Mobile.
    • Menyerahkan agunan Gadai Emas untuk kemudian dilakukan penaksiran secara fisik dan proses pencairan (disbursement) oleh Petugas Gadai di Kantor Cabang tersebut.
    • Nasabah memperoleh SBGE (Surat Bukti Gadai Emas) dan dana pencairan dikreditkan ke rekening nasabah.
  2. Cara Pengajuan Gadai melalui BSI Mobile metode Layanan Pick Up:
    • Mengakses BSI Mobile pada icon “e-mas” – “Gadai Emas” – “Gadai Emas Fisik”
    • Menghitung simulasi taksiran emas dengan cara menginput Data Agunan Emas terlebih dahulu kemudian muncul Nilai Taksiran Emas dan Perkiraan Nilai Pembiayaan. Berdasarkan nilai tersebut, nasabah dapat memasukkan Nilai Pengajuan Pembiayaan.
    • Memilih metode pengajuan Gadai Emas “Layanan Pick Up”
    • Memasukkan Lokasi Pick Up dan Kantor Cabang yang dikehendaki, Tanggal Pick Up dan Jam Kedatangan, serta mengambil foto diri dan KTP, foto KTP, dan foto Agunan Emas.
    • Mengisi dan mencentang Data Pembiayaan, Kuasa Debet, Metode Perpanjangan, AML & KYC, Pernyataan Nasabah, dan Ketentuan Pengajuan Pembiayaan
    • Selesai mengakses BSI Mobile ditandai dengan terbit Resi Bukti Pengajuan Gadai yang tersimpan di Inbox BSI Mobile dan Email nasabah.
    • Petugas Gadai Bank mendatangi lokasi Pick Up dan melakukan penaksiran Agunan Gadai Emas yang diserahkan nasabah secara fisik. Petugas Gadai menghubungi pihak Cabang untuk memproses pencairan (disbursement).
    • Dana pencairan dikreditkan ke rekening nasabah.
    • Petugas Gadai kembali ke Kantor Cabang dengan membawa agunan Gadai Emas nasabah. Pengiriman SBGE (Surat Bukti Gadai Emas) kepada nasabah dilakukan H+1 oleh pihak Cabang.

 

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Q: Apakah semua outlet dapat memanfasilitasi layanan Gadai Emas melalui BSI Mobile
A: Untuk proses pengajuan booking waktu kedatangan ke Bank dapat dilayani oleh seluruh outlet yang memiliki Konter Layanan Gadai, Namun untuk proses pengajuan layanan pick-up, saat ini baru terbatas untuk di 3 outlet KLG.

Q: Siapakan petugas Bank yang akan melayani nasabah booking kedatangan ke Bank dan seperti apa antriannya ?
A: Nasabah akan dilayani oleh petugas gadai dengan menunjukkan bukti reservasi yang telah dilakukan pada MSM.

Q: Mulai jam berapa layanan Pick-up Gadai Emas melalui BSI Mobile dapat diajukan oleh nasabah A: Nasabah dapat mengajukan layanan pick-up pada 6 pilihan waktu mulai pukul 09.00 – 15.00 waktu setempat. Adapun jumlah pengajuan pick-up akan dibatasi oleh Outlet KLG maksimal 2 (dua) pengajuan untuk setiap pilihan jam nya.

Q: Berapa Jarak lokasi Bank ke nasabah yang dapat dilayani untuk pick-up
A: Lokasi pickup dibatasi 5KM. Namun apabila lokasi nasabah lebih dari 5KM maka nasabah dapat memilih layanan Datang ke Bank.

Q: Jenis agunan emas apa saja yang dapat dilayani pada pengajuan Gadai melalui BSI Mobile ini? A: Emas perhiasan, emas lantakan/batangan, koin/dinar dengan Karatase min. 16 Karat.

Q: Bagaimana proses selanjutnya setelah nasabah selesai mengisi data pengajuan pickup BSI Mobile
A: Setelah pengajuan melalui BSI Mobile, petugas akan menghubungi nasabah terkait pengajuan yang telah dilakukan dan memastikan kembali bahwa lokasi nasabah telah memenuhi kriteria untuk dilakukan penaksiran ditempat.

Q: Biaya apa saja yang dikenakan pada saat nasabah melakukan pengajuan gadai menggunakan layanan Pick-Up
A: Jika pembiayaan nasabah telah disetujui oleh Bank, maka akan dikenakan biaya administrasi , Biaya Sewa pemeliharaan dan biaya Pick-up.

Q: Kapan dana pencairan gadai diterima oleh nasabah
A: Dana pencairan akan masuk ke rekening nasabah setelah nasabah dan petugas Bank sepakat atas nilai emas yang gadaikan.

Q: Bagaimana mengidentifikasi bahwa petugas Bank yang datang adalah petugas yang resmi
A: Petugas akan menunjukkan surat jalan dan kartu identitas pegawai kepada nasabah. bila dirasa perlu nasabah dapat memeriksa identitas tambahan yaitu KTP Petugas dan melakukan konfirmasi kepada Bank.

Q: Apakah perbedaan Gadai Emas melalui BSI Mobile dengan yang eksisting
A: Gadai emas melalui BSI Mobile memberikan kemudahan dimana nasabah dapat melakukan pengajuan secara mobile, termasuk adanya fitur pickup gadai sehingga nasabah tidak perlu datang ke Bank. Sementara untuk proses eksisting nasabah harus datang ke Bank dengan mengisi form aplikasi secara manual.