Informasi Pembiayaan Mitraguna Online via BSI Mobile

  1. Fitur Mitraguna Online via BSI Mobile:
    • Nominal minimum pengajuan pembiayaan Mitraguna Online BSI Mobile adalah Rp 10.000.000. Maksimum Rp 50.000.000.
    • Jangka waktu pembiayaan 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun
    • Jenis akad yang digunakan pada pembiayaan Mitraguna Online adalah Al’Bai dalam rangka Musyarakah Mutanaqisoh
    • Jenis asuransi yang dapat dipilih oleh nasabah pada pembiayaan ada tiga yaitu Takaful, Al Amin, dan Askrida Asuransi meliputi jiwa dan wan prestasi.
    • Aset yang dijadikan objek pembiayaan refinancing Mitraguna Online adalah mobil, handphone, barang elektronik, furniture, motor, kamera, laptop, tanah , tanah & bangunan.
  1. Pengajuan pembiayaan Mitraguna Online dapat melalui BSI Mobile hingga proses tahap pencairan dana, tanpa perlu datang ke cabang
  1. Saat ini pengajuan pembiayaan khusus Pegawai ASN/PNS Kementerian/Lembaga. Dengan syarat:
  • Usia minimal pengajuan pembiayaan 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal 52 tahun.
  • Sudah menggunakan BSI Mobile
  • Nasabah yang sudah dan belum memiliki pembiayaan di BSI
  1. Tidak perlu jaminan/agunan untuk pengajuan pembiayaan, namun membutuhkan asset nasabah yang akan direfinancing sebagai underlying object pembiayaannya. Nasabah bisa memilih asset yang ada didalam layanan Mitraguna Online
  1. Biaya-biaya yang dikenakan ke nasabah:
  • Biaya Administrasi sebesar 1% atau minimal 100.000.
  • Biaya
  • Biaya Materai sebesar Rp 10.000.
  1. Pastikan saat nasabah pengajuan pembiayaan, saldo mencukupi untuk membayar biaya-biaya agar tidak terjadi kendala gagal pencairan dana
  1. Total Semua kewajiban/angsuran maksimal 50% dari pendapatan
  1. Periode angsuran pembiayaan Mitraguna Online setiap tanggal

 

FREQUENTLY ASK QUESTIONS (FAQ)

  1. Mitraguna Online itu apa ya?
    • Pembiayaan yang bisa diajukan melalui BSI Mobile diperuntukkan bagi pegawai yang menerima payroll gaji dengan Bank Syariah Indonesia
  1. Apakah semua nasabah payroll BSI bisa mengajukan pembiayaan mitraguna online melalui BSI Mobile?
    • Saat ini khusus Pegawai ASN/ PNS Kementerian/Lembaga BSI
  1. Bagaimana cara pengajuannya?
    • Bila sudah mempunyai BSI Mobile, nasabah dapat meng-klik menu pembiayaan. Bila belum mempunyai BSI Mobile, nasabah bisa unduh BSI Mobile dari Google Playstore atau App Store, kemudian lakukan aktivasi BSI Mobile, dan klik menu Selanjutnya, nasabah bisa mengikuti langkah-langkah didalam layanan mitraguna online.
  1. Berapakah minimal pengajuan pembiayaan di mitraguna online?
  •   Minimal Rp 10.000.000.
  1. Berapakah maksimal pengajuan pembiayaan di mitraguna online?
  • Maksimal Rp 50.000.000.
  1. Berapa lama jangka waktu pembiayaan mitraguna online melalui BSI Mobile ?
    • Jangka waktu pembiayaan minimal 1 tahun dan maksimal 3 tahun, dengan pilihan 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun
  1. Bagaimana jika nasabah payroll PNS Kementerian/Lembaga dan Pegawai BSI tertolak saat pengajuan pembiayaan online?
    • Nasabah dapat mengajukan pembiayaan melalui marketing cabang terdekat dan akan diproses sesuai ketentuan berlaku
  1. Akad /skema apakah yang digunakan pada pembiayaan mitraguna online?
    • Akad Al-Ba’I dalam rangka musyarakah mutanaqisah , yaitu akad refinancing (pembiayaan kembali) atas asset nasabah
  1. Apakah cabang pembiayaannya bisa dipilih oleh nasabah?
    • Tidak, Apabila nasabah sudah memiliki pembiayaan di Bank Syariah Indonesia, maka cabang yang mengelola pembiayaan Mitraguna Online sama dengan cabang pengelola pembiayaan mitraguna eksisting. Apabila nasabah belum memiliki pembiayaan atau nasabah baru, maka cabang yang mengelola pembiayaannya sama dengan cabang pembuka rekening dimana nasabah menerima penggajiannya.
  1. Apakah bisa melihat riwayat/histori pembiayaan mitraguna online top up via BSI Mobile?
  • Pilih info rekening – portfolio pembiayaan pada BSI Mobile.
  1. Bagaimana cara membayar kewajiban setiap bulannya?
    • Kewajiban nasabah akan didebet otomatis dari rekening penggajian di Bank Syariah Indonesia sampai jatuh temponya berakhir
  1. Bagaimana apabila nasabah ingin pembiayaan mitraguna online lebih dari Rp 50 Juta?
    • Nasabah bisa mengajukan jenis pembiayaan multiguna (mitraguna berkah) limit diatas Rp 50 Juta atau sesuai kebutuhannya ke kantor cabang BSI terdekat
  1. Apakah dana pembiayaannya otomatis cair?
    • Ya, dana otomatis cair, atau diproses dalam waktu 1×24 jam by system
  1. Bagaimana apabila dana pembiayaan belum cair?
    • Nasabah bisa menghubungi bantuan Bank Syariah Indonesia Call 14040, Chat Aisyah atau menghubungi bantuan marketing cabang atau mendatangi kantor cabang. Maka pembiayaan akan kami tindaklanjuti
  1. Apakah nasabah menerima pemberitahuan proses dan dokumen pengajuannya melalui email?
    • Ya, nasabah akan menerima email dari Pembiayaan Bank Syariah Indonesia perihal pemberitahuan persetujuan pembiayaannya sedang diproses dan menerima attachment dokumen pengajuannya
  1. Karena pencairannya otomatis by sistem, apa penyebab dananya gagal cair?
    • penyebab kemungkinan gagal cair, apabila:
      • Saldo di rekening tidak mencukupi (saldonya harus berisi dana diatas saldo minimal, karena biaya-biaya pembiayaan online y.i biaya administrasi 1% dari plafon pembiayaan, biaya asuransi dan biaya materai Rp 000 akan didebet dari rekening nasabah sebelum sistem mencairkan.
      • trouble sistem
      • tidak ada nomor NPWP nasabah di data bank
  1. Apakah nasabah perlu mengupload dokumen slip gaji, bukti kepemilikan barang/BPKB, Surat Rumah?
    • Tidak, di pembiayaan online tidak memerlukan upload dokumen apapun, cukup mengambil foto barang/object yang di refinancing
  1. Bagaimana bila tidak bisa mengambil foto?
    • Nasabah harus mengizinkan aplikasi mengakses gambar dan menghidupkan “lokasi” pada HP nasabah
  1. Bagaimana bila nasabah ingin pindah cabang booking pembiayaannya?
    • Nasabah tidak dapat mengajukan pindah cabang booking.
  1. Ketika nasabah ingin mengajukan, berapa minimal saldo yang harus disediakan?
  • – biaya materai 10 ribu

– biaya admin 1% dari pembiayaan

– biaya asuransi disesuaikan dengan jangka waktu pembiayaan yang dipilih oleh nasabah

  1. Bagaimana caranya jika pembiayaannya ingin dilunasi dipercepat?
    • Nasabah memproses pelunasan ke cabang pengelola pembiayaannya sesuai dengan bisnis proses yang berlaku
  1. Asuransi apa saja yang dapat digunakan untuk Mitraguna Online?
    • Saat ini ada 3 Asuransi yang dapat dipilih oleh nasabah yaitu Takaful, Al Amin, dan Askrida Syariah. Asuransi meliputi jiwa dan wan prestasi
  1. Apakah layanan pembiayaan dan pengajuan Mitraguna Online bisa diakses pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional?
    • Layanan pembiayaan hanya dapat diakses pada hari kerja. Silahkan nasabah melakukan pengajuan Kembali di hari kerja berikutnya.

 

Informasi lebih lanjut: Bank Syariah Indonesia Call 14040 | www.bankbsi.co.id